LDK PP Muhammadiyah

Maksimalkan Dakwah Komunitas, LDK Jawa Tengah Selenggarakan BIMTEK Dai Komunitas

0 30

LDKMUH.OR.IDLDK PWM Jateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Dai Komunitas. Acara diikuti oleh 52 peserta LDK Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Tengah.

Ketua LDK Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Muchamad Arifin menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Siliwangi Semarang, Sabtu-Ahad (25-26/5/2024) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap audiens dakwah komunitas yang ada di Jawa Tengah dan strategi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan agar dakwah berjalan maksimal.

Dia menyampaikan kegiatan ini terselenggara sebagai konsekuensi atas ketidakhadiran Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah dalam kegiatan Training of Trainer (TOT) LDK PP di Cirebon, 9 Desember 2023.

“Karena LDK Jawa Tengah tidak hadir di TOT Cirebon, sehingga minta untuk mengadakan sendiri bimtek dai,” tuturnya.

Ketua PP Muhammadiyah Dr. Saad Ibrahim MA memberikan keynote speech sekaligus membuka acara.

Master of training kegiatan bimtek yaitu wakil sekretaris LDK PP Muhammadiyah Dr Tohirin SHI MPdI memaparkan beberapa materi yang akan didapatkan oleh peserta.

Beberapa materi yang menjadi target pemahaman peserta di antaranya materi Internalisasi IdeologiRisalah Islam Berkemajuan yang akan disampaikan oleh Drs KH Jumari Al Ngeluari. Pada materi pertama ini para dai diajak berdiskusi untuk menganalisis problem umat dan solusinya berdasarkan cara pandang Risalah Islam Berkemajuan.

Materi kedua yaitu Manhaj Ibadah sesuai Tuntunan RasulullahBerbagai Perbedaan dan Cara Menyikapinya akan disampaikan oleh Dr Karnadi Hasan MSi, dari Koordinator PNF Majelis Dikdasmen dan PNF PWM Jawa Tengah.

Adapun materi ketiga, yaitu Konsep dan Teknis Dakwah: Fikih Dakwah dan Strategi Dakwah Komunitas: Konsep dan Langkah-Langkah Teknis Pelaksanaannya yang akan disampaikan oleh Muchamad Arifin.

Para dai yang menjalankan tugasnya juga dituntut untuk membuat laporan sebagai evaluasi atas pelaksanaan dakwahnya. Oleh karena itu pada bimtek kali ini juga diberikan materi Teknik dan Standar Pelaporan Dakwah Komunitas yah akan disampaikan oleh Kamarul Zaman SE, Wakil Bendahara LDK PP Muhammadiyah.

Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya menerima materi dan berdiskusi namun juga melakukan praktik dakwah dan mengolah laporan kegiatan dakwahnya menjadi menarik dan efektif.

Oleh karena itu Praktik Pemanfaatan Media Digital untuk Membuat Laporan Dakwah dan Syiar Dakwah menjadi materi terakhir di hari kedua pelaksanaan acara ini, yang akan disampaikan oleh Ahmad Nur Muhaimin Sud, Ketua Divisi Dakwah Digital LDK PP Muhammadiyah. (*)

Penulis Ain Nurwindasari Editor Mohammad Nurfatoni

Leave A Reply

Your email address will not be published.