LDK PP Muhammadiyah

Takjub! LDK PDM Blitar Kurban Khusus Untuk 50 Mualaf

0 26

LDKMUH.OR.ID, Blitar – Pada Selasa (18/6/2024), menjadi hari yang penting bagi Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LDK PDM) Kota Blitar.

Pasalnya melalui Ketua LDK PDM Kota Blitar, drh Sri Widodo, Lembaga ini mendapat kepercayaan dari Mualaf Center Nasional Aya Sofya Indonesia untuk menjadi koordinator dan penanggungjawab “Gerakan Kurban Tidak Biasa” di Kota Blitar.

Sebagai informasi, “Gerakan Kurban Tidak Biasa” ini merupakan sebuah gerakan kurban yang menyasar kepada para mualaf.

Amanah dari gerakan ini antara lain adalah menyembelih dan mendistribusikan hewan kurban kepada para mualaf di Kota Blitar. Hal ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dan syiar Idul Adha yang penuh makna.

Teruntuk 50 Mualaf di Blitar

Acara bermula dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis. Ketua LDK PDM Kota Blitar Sri Widodo menyampaikan harapannya. “kami memohon kepada Allah, semoga kurban dari sapi ini diterima oleh Allah SWT” terangnya.

Tak lupa, beliau juga mendoakan para muqorib dari berbagai daerah. Mulai dari Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Palu, hingga Sulewesi Selatan, agar kurbannya membawa keberkahan.

Dari doa tersebut mengandung makna yang dalam, bahwa berkurban bukan hanya sebagai ritual semata. Namun dengan berkurban dapat mendatangkan keberkahan bagi para pemberi dan penerima.

Penyembelihan hewan kurban berlangsung pukul 14.00 WIB di Kepanjen Kidul, kediaman Ketua LDK PDM Kota Blitar. Adapun hewan kurban berupa satu ekor sapi. Proses penyembelihan dan persiapan penyaluran kurban melibatkan partisipasi aktif warga sekitar.

Warga bahu-membahu membantu dalam berbagai tahap, mulai dari penyembelihan hingga pengemasan daging qurban untuk kemudian mendistribusikan kepada yang berhak. Sekitar lima puluh mualaf terdata di Kota Blitar menerima manfaat dari kurban ini.

Mereka tersebar di beberapa kecamatan: Sukorejo, Kepanjen Kidul, dan Sananwetan. Dalam pendistribusian daging kurban, LDK PDM Kota Blitar bersinergi dengan berbagai pihak.

Wujud Kepedulian & Gotong Royong Umat Islam

Acara penyembelihan dan distribusi kurban ini mencerminkan kepedulian nyata, sebuah sinergi antara Mualaf Center Nasional Aya Sofya Indonesia dan LDK PDM Kota Blitar dalam merangkul para mualaf.

Melalui kegiatan ini, terdapat harapan agar para mualaf dapat merasakan kebersamaan dan kepedulian dari sesama umat Islam. Selain itu, supaya semakin memperkuat keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menunjukkan bahwa dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, umat Islam dapat saling mendukung dan menguatkan.

Partisipasi warga sekitar dalam membantu penyembelihan dan distribusi kurban mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial yang masih sangat kuat dalam masyarakat.

Kedepan, diharapkan kegiatan serupa dapat terus terlaksana dan berkembang, tidak hanya saat Hari Raya Idul Adha, tetapi juga pada kesempatan lain yang memungkinkan. Dengan demikian, kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama, terutama kepada mualaf, dapat terus terjaga dan semakin meningkat.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk selalu berbagi dan peduli terhadap sesama, khususnya mereka yang baru menemukan cahaya Islam dalam kehidupan mereka.

Dengan izin Allah SWT dan bantuan dari berbagai pihak, kegiatan ini terlaksana dengan lancar. Di tengah semangat Idul Adha, diharapkan dengan adanya acara ini dapat menjadi momen mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa persaudaraan di antara umat Islam, khususnya di Kota Blitar.

Seluruh proses penyembelihan dan penyaluran kurban ini tidak hanya menjadi tugas yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab, tetapi juga sarana untuk mempererat hubungan antar umat, menyatukan hati dalam satu tujuan mulia: meraih ridho Allah SWT.

Kontributor : Bima Purwidya

Editor : Danar Trivasya Fikri

Leave A Reply

Your email address will not be published.