LDK PP Muhammadiyah

RAKORWIL LDK PWM Jawa Barat, Pendakwah Harus Paham Strategi dan Karakter Komunitas

0 16

LDKMUH.OR.ID, Bandung – Pentingnya memahami strategi dan karakter komunitas sebelum terjun dakwah di komunitas menjadi salah satu bahasan yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muchamad Arifin MAg dalam kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) LDK PWM Jawa Barat, Ahad 9 Juni 2024.

“Setiap komunitas memiliki karakter yang berbeda-beda yang harus dipahami oleh seorang dai sebelum melakukan dakwahnya,” terang Arifin

Kegiatan yang berlangsung di gedung dakwah Muhammadiyah, Jalan Sukajadi Kota Bandung ini bertujuan menetapkan program kerja LDK PWM Jawa Barat selama satu periode ini.

Arifin menjelaskan ada enam sasaran dakwah komunitas, di antaranya sasaran komunitas bawah, komunitas menengah, komunitas atas, komunitas marginal, komunitas mualaf dan komunitas khusus.

Selain menjelaskan beberapa tipe dan strata komunitas Muchamad Arifin juga menjelaskan seputar dakwah di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) yang telah berhasil dilakukan oleh LDK PP Muhammadiyah.

Namun, ia menyatakan Kebutuhan dai untuk diterjunkan di daerah 3T saat ini masih jauh dari cukup.
“Target di tahun 2024 ini saja dai yang dibutuhkan 300 dai sementara yang bisa kita penuhi masih 100 dai saja. Oleh karena itu kalau ada para sarjana yang berkenan untuk kita terjunkan di daerah 3T bisa hubungi LDK PP Muhammadiyah,” ucapnya.

Arifin lantas menjelaskan bahwa LDK selain dakwah di daerah 3T juga dakwah pada komunitas mulaf. “Dakwah di lingkungan mualaf juga sangat penting. Sebab kalau tidak ada yang fokus pada mualaf mereka dengan mudah kembali pada agama sebelumnya atau pindah agama lain,” tandasnya.

Editor: Ain Nurwindasari

Leave A Reply

Your email address will not be published.