LDK PP Muhammadiyah

Para Dai Muhammadiyah Diharapkan Menembus Lapisan Masyarakat yang lebih Luas

0 66

CIREBON—Kegiatan Training of Trainer Lembaga Dakwah Komunitas (ToT LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Cirebon resmi berakhir pada Sabtu (09/12). Acara ini berhasil menggali berbagai aspek, mulai dari pendalaman terhadap materi Risalah Islam Berkemajuan, hingga fokus pada ketarjihan dan kajian-kajian praktis, seperti strategi pembuatan konten menarik dan penggalangan dana untuk kegiatan dakwah.

Dalam acara penutupan yang dihadiri oleh Ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin, mengungkapkan harapan besar untuk kontribusi signifikan dalam dakwah Muhammadiyah di masyarakat. Arifin menyoroti peserta yang berjumlah 48 orang dari Jawa-Bali ini, dengan harapan agar mereka tidak hanya menerima pelatihan, tetapi juga mampu mengamalkannya dengan sungguh-sungguh di daerah masing-masing.

“Dari sini mulai berpikir, apa yang akan kita lakukan di daerah masing-masing. Jangan sampai sudah mendapatkan pelatihan, tapi tidak diamalkan di tempat masing-masing. Apa yang sudah diberikan adalah panduan. Apa yang telah kita dapatkan di pelatihan ini, kalau bisa ditambahi, tapi jangan dikurangi,” ungkap Arifin dengan penuh semangat.

Pernyataan tersebut mencerminkan harapannya agar ilmu dan keterampilan yang diperoleh peserta dari acara ToT LDK PP Muhammadiyah tidak hanya menjadi pengetahuan semata, melainkan dapat diimplementasikan secara nyata. Hal ini penting dalam upaya meningkatkan kualitas dakwah Muhammadiyah di berbagai wilayah.

Ketua Panitia ToT LDK PP Muhammadiyah, Toto Santi Aji, dalam sambutannya pada acara penutupan, menyampaikan rasa terima kasih kepada LDK PP Muhammadiyah yang telah mempercayakan Universitas Muhammadiyah Cirebon sebagai tuan rumah. “Semoga mendapatkan hasil yang memuaskandan mencapai target yang diharapkan. Mohon maaf apabila kesalahan, baik dari fasilitas maupun pelayanan,” ucapnya.

Sejalan dengan Toto Santi Aji, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon, Nana Trisovelna, mengucapkan rasa syukur karena kampus Muhammadiyah yang berada di Cirebon ini menjadi tuan rumah kegiatan beskala nasional. “Alhamdulilah segala kegiatan telah berjalan lancar. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga LDK makin sukses ke depannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua LDK PWM Jawa Barat, Makhmud Syafei, mengingatkan para peserta bahwa setelah pelatihan ini, mereka diharapkan membawa bekal ilmu untuk melanjutkan dakwah Muhammadiyah di tempat masing-masing. Ia menekankan pentingnya memulai langkah tersebut dengan niat yang baik agar hasil yang maksimal dapat tercapai.

Makhmud Syafei berharap para dai yang telah mengikuti pelatihan dapat menembus lapisan-lapisan masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh dakwah Islam, membawa pesan kearifan dan kemajuan. “Perluasa radius dakwah ini, tembus lapisan-lapisan masyarakat yang belum tersentuh oleh dakwah kita,” tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.