LDK PP Muhammadiyah

Ketua LDK PP Muhammadiyah Bahas Matematika Saat Kultum di Kampung Muallaf

0 70

Lebak – Di depan jamaah shalat shubuh pesantren muallaf di daerah Baduy ketua Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak fokus pada panggilan Allah terkait 5×24.

Ketua LDK PP Muhammadiyah ustad Muchamad Arifin  menjelaskan 5 kali panggilan dalam 24 jam untuk mendirikan shalat sebagaimana lafadz adzan yang dikumandangkan oleh muadzin dari masjid terdekat, yaitu ” Hayya’alash shalah”.

Sebagai seorang muslim tidak ada alasan lupa shalat karena selama 24 jam kita diingatkan selama lima kali. Dan kita harus ingat …..!!  bahwa shalat adalah cara kita sebagai seorang muslim untuk mendekatkan diri dihadapanNya.

Lanjut ketua LDK PP Muhammadiyah yang akrap dipanggil ustad Arifin menjelaskan dihadapan para muallaf, bahwa shalat itu jika kita kerjakan dengan sempurna artinya gerakannya benar, bacaannya bagus diresapi dan dikerjakan di awal waktu, maka akan membawa diri kira ke dalam ketenangan dan kebahagiaan.

Gerakan shalat yang pertama adalah takbiratul ikram. Yaitu gerakan mengangkat tangan sejajar dengan pundak kita. Nampak ustad Arifin sambil mempratekkannya.

Angkat tangan dalam gerakan takbiratul ikram itu simbul penyerahan diri. Jadi kita diharapkan selalu menyerahkan diri kita kepada Allah swt dalam setiap saat.

Panggilan lainnya yang ada dalam bacaan adzan adalah ” Hayya’alal Falah” yang artinya mari menuju keberuntungan atau kemenangan.

Lanjut ustad Arifin dalam menjelaskan bagaimana menjadi hamba yang menang disisiNya, maka membacakan firman Allah yang terdapat dalam QS. Al Mukminun mulai dari ayat 1-5.

Secara berurut dari lima ayat tersebut, bahwa hamba yang menang harus menjalankan:

1. Beriman kepada Allah

2. Mendirikan shalat dengan sempurna (khusu’l).

3. Membayar zakat, gemar sedekah, saling berbagi dst.

4. Menjauhkan diri dari perbuatan yang sia-sia

5. Menjaga kemaluannya ( menutup auratnya dari pandangan yang bukan muhrimnya).

 

sumber : https://www.lensadakwah.com/2023/04/ketua-ldk-bahas-matematika-saat-kultum.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.