LDK PP Muhammadiyah

Kolaborasi Jawa Barat dan DKI Sukseskan TOT LDK

0 63

PWMU.CO-Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Jawa Barat dan DKI Jakarta menyatakan kesanggupannya menjadi tuan rumah sekaligus panitia lokal kegiatan Training of Trainer (TOT) Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) regional 1 yang akan diselenggarakan 8-10 Desember 2023.

Hal itu disampaikan pada rapat koordinasi TOT regional 1 yang dihadiri oleh LDK PWM DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Bali pada Sabtu (21/10/2022) melalui zoom meeting.

Pada kesempatan itu ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin SAg MAg berharap agar waktu dan tempat TOT segera disepakati.
“Kami mohon pada malam hari ini ada kesepakatan terkait waktu dan tempat TOT, sehingga tidak bergeser (jadwalnya)” ucapnya.

Sekretaris LDK PP, Dr. Suhardin SAg MPd menegaskan bahwa kegiatan koordinasi tersebut dalam rangka mematangkan persiapan TOT sebagaimana putusan rakornas di Solo kemarin.
Wakil sekretaris LDK PP, Dr. Tohirin MPdI menyatakan TOT memiliki tujuan untuk menyamakan persepsi seluruh LDK PWM dalam penyelenggaraan Bimtek.

“Dari hasil TOT diharapkan peserta dapat mentransfer ilmunya saat menjadi fasilitator Bimtek. Sekaligus mengkoordinasikan kepada seluruh peserta bimtek,” ucapnya.
Tohirin merinci materi yang akan didapatkan oleh peserta TOT selama tiga hari dua malam antara lain:
1. Risalah Islam berkemajuan
2. Ibadah sesuai manhaj tarjih
3. Fikih Dakwah: Strategi Dakwah Komunitas
4. Teknik membuat laporan, bedah aplikasi SIDAKMU, dan Teknik membuat konten video dakwah
5. Teknik Fundraising Dana Dakwah
6. Manajemen dan Teknik Penyelenggaraan BIMTEK

“Selain itu peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan micro teaching dan melakukan perencanaan bimtek di akhir acara,” terangnya.
Sementara itu ketua panitia TOT, Kamarul Zaman SE menambahkan TOT ini diikuti oleh utusan LDK PWM dengan harapan peserta yang diutus adalah yang memiliki kemampuan menjadi fasilitator Bimtek.

Kamarul menjelaskan bahwa TOT regional I akan diikuti oleh LDK PWM Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, NTB dan NTT.
Namun untuk NTB dan NTT ini tidak diikutkan TOT regional I Desember mendatang.

“NTT dan NTB tidak hadir pada Rakornas Agustus lalu, sehingga dengan demikian NTT dan NTB merupakan kawasan prioritas binaan LDK sehingga tidak perlu diadakan TOT tapi LDK PP langsung mengadakan bimtek untuk para da’i LDK di NTT dan NTB, termasuk juga Papua,” tandasnya.

Penulis: Ain Nurwindasari

Leave A Reply

Your email address will not be published.

WeCreativez WhatsApp Support
kami disini untuk membantu anda!
👋Assalamu'alaikum ada yang bisa dibantu?