ldkmuh.or.id – Muchamad Arifin, Ketua Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengajak seluruh pimpinan LDK PP untuk meningkatkan inovasi dalam program-program dakwah tahun 2024. Arifin menyatakan bahwa agenda program yang cukup padat memerlukan upaya maksimal dari setiap pengurus LDK agar pelaksanaan program dapat berjalan lebih optimal.

Dalam rapat koordinasi dan evaluasi menjelang Trainer of Training (ToT) Regional I LDK PP Muhammadiyah pada Jumat (05/01), Arifin menekankan semangat untuk terus beradaptasi dan meningkatkan efektivitas dakwah menghadapi dinamika masyarakat.

Arifin menyoroti pentingnya peran pengurus LDK PP dalam mendorong aktivitas pembinaan langsung kepada komunitas di berbagai wilayah. Menurutnya, interaksi langsung dengan masyarakat menjadi kunci keberhasilan penyebaran dakwah dan penyuluhan di tingkat lokal.

Dalam konteks ini, Arifin juga memberikan perhatian khusus terhadap lahan dakwah di Papua yang memiliki karakteristik unik. Ia menyampaikan bahwa LDK telah merencanakan program khusus yang bersifat berkelanjutan untuk Papua.

“Papua akan kita susun program khusus yang sustainability sehingga kawasan Papua dapat kita garap lahan dakwahnya dengan berbagai macam pendekatan,” tambahnya seperti dilansir muhammadiyah.or.id.

Wakil Sekretaris LDK PP Muhammadiyah, Tohirin, turut memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kegiatan dakwah dengan menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas modul Training of Trainers (TOT). Sebelum pelaksanaan TOT regional I, modul tersebut telah disusun dan dibagikan kepada peserta. Ia menyatakan bahwa upaya penyempurnaan modul TOT terus dilakukan agar dapat memberikan panduan yang lebih efektif dan terkini kepada para peserta.

Tohirin menjelaskan bahwa pelatihan dai lokal memiliki tujuan konkret, yaitu membantu memudahkan para fasilitator Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dalam menyelenggarakan Bimtek di wilayah masing-masing. Dengan menyusun pedoman Bimtek, diharapkan para pelatih lokal dapat memberikan kontribusi yang lebih efektif dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat setempat.

Inisiatif Tohirin ini menandakan keseriusan LDK PP Muhammadiyah dalam menyediakan sumber daya dan pedoman yang dibutuhkan untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan kegiatan dakwah di tingkat lokal, sejalan dengan visi Muhammadiyah untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan semesta.